Terkadang kalau mencari inspirasi atau sekedar merefresh dengan membaca tulisan blog yang lalu-lalu, saya harus scroll di daftar isi dan membuka postingan mana yang pingin saya baca kembali.

Berdasar dari itulah saya mau membuat sebuah tombol yang bila di tekan akan keluar postingan secara random. Kemarin saya sudah bikin dan sudah terinstall di blog ini. Dalam tulisan ini saya coba share cara membuat Tombol random post.

Yang pertama masuk dashboard wordpress, kemudian bukan menu appearance – kemudian – Themes File Editor – kemudian buka Function.php kemudian tampilannya kurang lebih seperti ini :

Tampilan menu functions.php

Kemudian dari yang paling bawah dari menu editor tersebut, tambahkan kode berikut ini :

add_action('init','explore_button');
function explore_button() {
       global $wp;
       $wp->add_query_var('random');
       add_rewrite_rule('random/?$', 'index.php?random=1', 'top');
}

add_action('template_redirect','random_template');
function random_template() {
       if (get_query_var('random') == 1) {
               $posts = get_posts('post_type=post&orderby=rand&numberposts=1');
               foreach($posts as $post) {
                       $link = get_permalink($post);
               }
               wp_redirect($link,307);
               exit;
       }
}

Setelah itu simpan. Kemudian langkah selanjutnya untuk mengeksekusi tombolnya adalah dengan membuat tombol, menu, atau yang lainnya ke link berikut ini :

<div class="explore">  
  <div><a href="http://example.com/index.php?random=1 ">EXPLORE</a></div>

Kalau sudah jadi tinggal di eksekusi saja.

Jujur saja saya belum begitu lama menjadi seorang penikmat kopi. Sekian tahun minum kopi ya gitu gitu saja, belum bisa menemukan apa sih menariknya kopi ini.

Dan terus terang saja, yang membuat tertarik adalah justru rasa manis gula dalam kopi. Jadi klo minum kopi yang ga manis, rasanya nggak bisa. Mau nggak mau harus dikasih gula.

Filosofi Kopi (versiku)

Makin kesini, makin usia bertambah, tentu untuk hal-hal yang berlebihan seperti gula harus lah diatur konsumsinya. Demikian juga cara mengkonsumsi kopi. Berangkatlah menikmati kopi tanpa gula.

Nah begitulah ceritanya, dan terus berlanjut. Makin kesini juga belum bisa menemukan Faktor wow nya dimana … 🙂 dan masih sama seperti dulu…bedanya klo dulu-dulu sehari sekali, kini bisa dua kali, tiga hingga 4 kali sehari.

Aneh juga yang makin – kesini makin menyukai kopi tanpa gula ini. Mungkin menikmati kopi seperti menikmati hidup ya, ada sesuatu yang terkadang pahit, namun kalau dijalankan dan dinikmati, malah menjadi teman yang setia untuk mencapai keberhasilan. Seperti halnya secangkir kopi saat mengerjakan tugas. Atau pun saat menulis di blog ini.

Olah Raga memang sangat penting untuk menjaga kebugaran. Ditengah kegiatan padat pun harus juga disempatkan untuk berolah raga. Harus pintar bagi waktu untuk dapat berolah raga.

Olah raga yang saya lakukan adalah olah raga yang ringan, gampang dikerjakan, tidak memakan tempat dan bisa dilakukan kapan pun dan yang penting tidak menggangu pekerjaan. Yang saya lakukan adalah push up 10, dan angkat beban ringan.

Alat olah raga dan timbangan

Dengan olah raga ini, tujuan pribadi saya adalah menjaga berat badan, selain dari diet. Diet jalan dan diimbangi dengan olah raga. Karena dinilai badan sudah terlalu overweight dan BMI sudah tinggi dari yang disarankan.

Olah raga push up, perhari ga perlu banyak – banyak. Pagi 10 dan sore 10 x. Mungkin sedikit lemat yang terbakar dari kegiatan ini, tapi yang saya kejar adalah konsistennya.

Tentunya juga menjaga pola makan. Saat ini saya mengurangi kadar Karbo, Gluten dan Avoid Sugar. Banyak minum air putih.. Semangat Berolah Raga.

Berat badan naik kembali, Yang kemarin sempat di 72 Kg, sekarang beranjak naik kembali ke 80 Kg. Sudah menduga bakalan naik karena akhir – akhir ini makannya Los dol.

Berat Badan Diet
Diet untuk kesehatan

Kemudian suka camilan- camilan gluten dan minum yang manis-manis. Klo dihitung dengan Kalkulator BMI maka berat badanku termasuk :

Tergolong Berlebih Sih

Untuk Tujuan utama adalah kesehatan, maka ideal berat badan menurut BMI ya disekitar 65 kg an. artinya ada sekitar 15 kg untuk penurunan. Dan pengalaman berat badan 65 Kg dulu saya terlihat agak cungkring hehe.

Kemudian perhari ini saya coba disiplin ke diri sendiri untuk melakukan program pengecilan. Saya coba pakai Sistem Makan sehari dalam kurun waktu sekian jam. Jadi perhari ini saya coba batasi time window makan saya dari jam 8. Pagi sampai jam 1 Siang.

Sementara malam cukup minum dan buah saja. Selain Diet metode di atas saya evaluasi lagi saya perlu kurangi minuman bergula. Less sugar or even no sugar. I will do it with calcualtion. Selain Diet, eliminasi gula satu lagi dengan olah raga. ya yang ringan-ringan saja.